-->
MENU MENU

Nambi Nambi

SEARCH

$type=grid$snippet=hide$readmore=hide$cate=1$count=4$hide=post

Tentang Logo Dan Tema Resmi HUT RI Ke-73 Yang Wajib Kalian Ketahui

Logo 73 tahun Kemerdekaan RI ini terinspirasi dari kata ‘Kerja’ yang berarti adanya pergerakan / aktif. Dan kata 'Energi' yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja, pancaran.

17 Agustus 1945, 73 tahun yang lalu, negara indonesia yang kita cintai ini memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan.

Dalam usianya ke-73 ini, melalui website resminya, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (https://www.setneg.go.id/view/index/pedoman_peringatan_hari_ulang_tahun_ke_73_kemerdekaan_republik_indonesia_tahun_2018) telah merilis logo dan tema untuk mempeperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.


Seperti logo-logo sebelumnya, logo HUT kemerdekaan RI tahun ini masih didominasi oleh warna merah putih. Warna yang identik dengan warna bendera negara kita tercinta.

Masih menurut laman tersebut, bahwa logo untuk tahun ini disesuaikan dengan Asian Games XVIII, dimana Indonesia merupakan tuan rumah dan berlokasi di Jakarta dan Palembang.

Tema HUT RI 73 tahun ini mengambil tema "KERJA KITA PRESTASI BANGSA", sementara tema Asian Games tahun ini adalah "ENERGY OF ASIA".

Tulisan 'Kerja' dan 'energi' pada logo itu digambarkan dengan garis dinamis yang melambangkan kemajuan.

Dibawah ini adalah pedoman penggunaan logo HUT Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018 dalam bentuk gambar, yang diambil dari situs Kemensetneg RI. Seperti apa logo Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018? Ini dia..

KONSEP


Tahun 2018 adalah tahun yang istimewa bagi Indonesia, karena selain bertepatan dengan 73 tahun Kemerdekaan RI kita juga menyambut ajang Asian Games XVIII dimana Indonesia dipercayakan kembali untuk menjadi tuan rumah setelah 56 tahun.

Pada perayaan 73 tahun Kemerdekaan RI kali ini, terlahir 2 tema utama yang bersinergi yaitu “Energi” dan “Kerja”. Tema “Energi” diambil dari identitas Asian Games XVIII yaitu “The Energy of Asia”.

Sementara tema “Kerja” merupakan cerminan pemerintahan Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik. Tema “Energi” dan “Kerja” pun diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar terciptanya semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.



KERJA KITA PRESTASI BANGSA

LOGO UTAMA

Logo 73 tahun Kemerdekaan RI ini terinspirasi dari kata ‘Kerja’ yang berarti adanya pergerakan / aktif. Dan kata 'Energi' yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja, pancaran.


Kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

SISTEM IDENTITAS


Logo harus mengacu pada “Logo Grid” yang sudah ditetapkan. Dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan sehingga tercipta komposisi dan proporsi yang baik. Hal ini dilakukan untuk menjaga konsistensi dan citra karakter, serta menghindari penggunaan logo yang tidak semestinya.

GEOMETRIA

Geometria adalah typeface primer yang digunakan untuk slogan logo 73 tahun Kemerdekaan RI.


Warna primer yang digunakan untuk logo 73 tahun Kemerdekaan RI yang dapat diterapkan di berbagai macam media yang disediakan.


Contoh pengaplikasian logo tersier untuk logo 73 tahun Kemerdekaan RI menggunakan satu elemen warna pada berbagai macam background berwarna solid seperti gambar disamping.


Dalam pengaplikasiannya, ukuran logo sangat bervariasi sesuai dengan medianya. Pada dasarnya logo yang diaplikasikan harus mudah dilihat dan tetap terbaca secara jelas dari kejauhan. Logo harus ditempatkan dalam area aman di mana ruang di sekeliling logo dibiarkan kosong dari objek lain baik gambar, bentuk, maupun tulisan.


Ukuran logo tidak boleh lebih kecil dari ukuran tinggi minimum yang sudah ditentukan karena akan mengurangi keterbacaan dari jarak tertentu. Sedangkan untuk ukuran lebar harus mengikuti proporsi tinggi logo itu sendiri.

Jika ukuran logo sangat kecil, slogan akan dihilangkan sebagai pertimbangan teknis untuk setiap tampilan monitor, kebutuhan multimedia, dan media cetak.


Elemen grafis utama yang digunakan untuk seluruh aplikasi turunan diambil dari beberapa komponen utama dalam logo 73 tahun Kemerdekaan RI. Komponen tersebut diubah menjadi format bergaris membentuk kesatuan elemen dinamis.


Elemen grafis utama bisa digunakan dalam 2 format; terpotong sudut (primer) dan terpotong tengah (sekunder). Untuk pengaplikasian di setiap media dianjurkan untuk menggunakan format primer untuk hasil visual yang maksimal. Apabila media yang digunakan tidak memungkinkan / hasil visual tidak maksimal dapat menggunakan format sekunder sebagai alternatif.


Ini adalah panduan penggunaan grafis yang benar untuk semua media yang akan digunakan. Logo 73 tahun kemerdekaan RI harus selalu berseberangan dengan elemen grafis utama. Logo dan elemen grafis utama dapat diaplikasikan bersamaan atau salah satu saja sesuai dengan kebutuhan.


Gambar di atas adalah panduan proporsi logo yang benar untuk semua media yang akan digunakan dalam bentuk portrait.

Untuk menentukan ukuran logo 73, tinggi “X” harus dihitung berdasarkan ukuran tinggi media yang dibagi menjadi enam baris. Sementara untuk logo Asian Games dihitung berdasarkan sepertiga dari “X”.

Ukuran margin yang ideal adalah 1/3X kali 1/3X.

PROPORSI LOGO (LANDSCAPE)

Ini adalah panduan proporsi logo yang benar untuk semua media yang akan digunakan dalam bentuk portrait.

Untuk menentukan ukuran logo 73, tinggi “X” harus dihitung berdasarkan ukuran tinggi media yang dibagi menjadi enam baris. Sementara untuk logo Asian Games dihitung berdasarkan sepertiga dari “X”.

Ukuran margin yang ideal adalah 1/3X kali 1/3X.

PENGGUNAAN GRAFIS (BENAR)
Berikut ini adalah panduan penggunaan grafis yang benar dalam segi warna untuk semua media yang akan digunakan.


PENGGUNAAN SLOGAN (BENAR)

Ini adalah panduan penggunaan slogan yang benar untuk semua media yang akan digunakan.

Untuk penggunaan di setiap media dianjurkan untuk menggunakan format primer (slogan selalu berdampingan di bawah logo) untuk hasil visual yang maksimal.

Apabila media yang digunakan tidak memungkinkan / hasil visual tidak maksimal dapat menggunakan format sekunder (logo dan slogan terpisah) sebagai alternatif.

[post_ads_2]

SISTEM APLIKASI


SISTEM APLIKASI ASIAN GAMES

Logo 73 tahun Kemerdekaan RI dan Asian Games 2018 sebaiknya disusun berdampingan secara horizontal agar terlihat lebih rapi. Garis pembatas digunakan untuk memberikan penegasan antara logo Kemerdekaan dan logo Asian Games.

Logo HUT RI 73 dan Asean Games 2018 tidak harus selalu digunakan secara bersamaan, tergantung dari jenis media yang digunakan. Jika kedua logo tersebut berdampingan, logo HUT RI 73 harus menjadi fokus utama dibandingkan logo Asian Games.

SISTEM APLIKASI SPANDUK (#1)

Diatas adalah template yang bisa digunakan untuk keperluan spanduk.

Posisi logo 73 tahun Kemerdekaan RI harus berada di pojok kiri atas sementara elemen grafis berada di pojok kanan atas spanduk.

Terdapat dua pilihan filter yang bisa di gunakan yaitu; merah atau abu. Pastikan gambar yang digunakan dirubah terlebih dahulu menjadi format hitam dan putih sebelum menambahkan filter merah / abu.

Untuk peletakan logo pemerintahan daerah maupun logo lainnya dapat diposisikan di bagian bawah kanan spanduk di bawah elemen grafis.


Variasi desain yang bisa digunakan untuk aplikasi spanduk.

SISTEM APLIKASI SPANDUK (#2)
Berikut ini adalah template alternatif yang bisa digunakan untuk keperluan spanduk.

Posisi logo 73 tahun Kemerdekaan RI harus berada di pojok kiri atas sementara elemen grafis berada di pojok kanan atas spanduk.

Terdapat dua pilihan warna background yang bisa di gunakan yaitu; merah atau abu. Pastikan gambar yang digunakan sudah dipotong dengan rapi.
Untuk template spanduk seperti ini saja yang hanya diperbolehkan untuk memakai photo portrait berwarna jika photo hitam putih tidak
memungkinkan.

Untuk peletakan logo pemerintahan daerah maupun logo lainnya dapat diposisikan di bagian bawah kanan spanduk di bawah elemen grafis

SISTEM APLIKASI UMBUL-UMBUL (MODERN)

Diatas adalah sistem aplikasi desain pada umbul-umbul modern dengan ukuran perbandingan 2:5.


Variasi desain yang bisa digunakan untuk aplikasi umbul-umbul modern.

SISTEM APLIKASI BALIHO
Berikut ini adalah variasi desain yang bisa digunakan untuk aplikasi baliho.


SOSIAL MEDIA

Ini adalah kelanjutkan sosialisasi desain utama ke dalam format sosial media. Foto yg di gunakan masih menceritakan tentang kemajuan
pembangunan di Indonesia yang dikombinasikan dengan teks informatif mengenai tema / latar belakang 73 tahun Kemerdekaan RI.

PROFIL TEMPLATE


APLIKASI SHIRT








MERCHANDISE






















APLIKASI BUS STICKER


APLIKASI UANG ELEKTRONIK


Semoga bermanfaat

KIM Nambi mengucapkan "Dirgahayu Republik Indonesia Yang Ke-73". Merdeka!

[post_ads_2]

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...

$show=mobile

Name

ABDUL BASAR,3,ADVENTURE,1,AHMAD FARUQ CHOTIBI,1,AKREDITASI,1,AKTA,1,ANSOR,1,APEL AKBAR,1,APLIKASI,1,ARIES PURWANTINY,1,ARKEOLOGI,1,ASIAN GAMES,3,Astra Internasional,1,AYIMUN,1,BABINSA,1,BANJIR,1,BANSER,2,BANSOS,1,BANYUPUTIH LOR,1,BATIK,3,BATIK LUMAJANG,3,BBM,1,Bencana Alam,2,BERITA,122,BERSALIN GRATIS,1,BHAKTI SOSIAL,1,BID LUMAJANG,2,BIDAN DESA,1,BISNIS,2,BMTNU,4,BNI 46,1,BPBD Lumajang,3,BPD,2,BPD KALIDILEM,1,BPOM,1,BUDAYA,9,BUKA BERSAMA,1,BUMDES,6,BUPATI LUMAJANG,14,BUWEK,1,CAGAR BUDAYA,12,Camat Klakah,1,CAMAT RANDUAGUNG,5,CANDI AGUNG,11,CANDI RANDU AGUNG,1,CANGKRUAN BARENG FORKOPIMCA,1,CURAH MAYIT,1,DAERAH,4,DANA DESA,33,DANDIM,1,DESA,6,DESA KALIPENGGUNG,2,DESA SIAGA,1,DESA TUNJUNG,4,DESA TUNJUNG MENYELAMTAKAN GENERASI PEMUDA,1,DIKES,1,DINAS KEPENDUDKAN,1,DINAS KESEHATAN,6,DINAS KOPERASI,1,DINAS PERIKANAN,1,DINAS PERTANIAN,2,DINAS SOSIAL,3,Direktur PMD,1,DISPENDUK,1,DITJEN PPMD,1,DOA,1,DOKUMENTASI,10,DOWNLOAD,9,DPMD LUMAJANG,7,DPRD LUMAJANG,1,dr. BERYL RACHMAWATI,2,dr. Tanti Umiyati,1,DRUM BAND,1,DUSUN GROJOKAN,1,DUSUN KALIDILEM,1,E-KTP,1,EDITORIAL,3,EKONOMI,10,EKTP,1,FEATURE,24,FILM,1,FINAL LIGA DESA NUSANTARA,1,FKUB,1,FOTO,1,GAYA HIDUP,2,GEDANGMAS,6,GERAK JALAN,2,GOTONG ROYONG,1,GP ANSOR,11,GUSDURian,1,HAJI,2,HALAL BIHALAL,1,HARI BESAR NASIONAL,2,Hari Kebersihan Dunia,1,HARI KRIDA PERTANIAN,1,HARI RAYA,1,HARI SANTRI,3,HARJALU,1,HASAN BASRI,1,HAUL KH. ANAS MAHFUDZ,1,HIBURAN,5,HONOR GURU NGAJI,2,HUT,3,HUT BHAYANGKARA,1,HUT RI,14,HUT RI 73,19,HUT RI 74,5,HUT TNI,1,HUT TNI 73,1,IAIN JEMBER,1,IDUL ADHA,1,IGRA,1,INDAH AMPERAWATI,3,INDOMARET,1,INOVASI DESA,6,IPNU PPNU,1,IPTU. SETYO BUDI,2,ISLAMI,12,JALIN MATRA,1,JIMAT,1,JOB MARKET FAIR,1,JOKOWI,2,KABAR SEPEKAN,1,KABUPATEN LUMAJANG,8,KADES,4,KADES GEDANGMAS,1,KADES KALIDILEM,1,KALIDILEM,6,KALIPENGGUNG,10,Kapolres Lumajang,3,KAPOLSEK,2,KARANG ANYAR KALIDILEM,1,KARNAVAL,8,KBIH,1,KBIH Haromain,1,Kecamatan Klakah,1,KECAMATAN RANDUAGUNG,36,Kecamatan Senduro,1,KECELAKAAN,2,KELOMPOK TANI,2,KELUARGA BERENCANA,1,KEMENDES,8,KEMENKOMINFO,1,KERETA API,2,KESEHATAN,16,KEUTAMAAN SHOLAWAT,1,KIM,1,KIM NAMBI,1,KIMNAMBI,5,KISAH,1,KMPK,1,KOMINFO LUMAJANG,1,KOMUNITAS,9,KORAMIL 0821/07,5,KOTA PISANG,1,KPMD,1,KPST,6,KRIMINAL,1,KRTP,1,KUA RANDUAGUNG,1,Laila Fakhriyatuz Zakiyah,1,LAPANGAN RANDUAGUNG,1,LASKAR PATIH NAMBI,1,LAZIZNU,1,LEDOK TEMPURO,10,Lembaga NU,2,LIGA DESA NUSANTARA,7,LOEMAJANG DJADOEL,1,LOGO,2,Logo HUT RI,1,LOKAL,11,Lomba Kampung Kreatif,1,LOMBA PAI,1,LOMBA TUMPENG,1,LPNU,1,LPNU Lumajang,2,LUMAJANG,15,LUMAJANG RAMAH ANAK,1,M. Fachri,1,MADIN,2,MAJELIS MUHABBAH,1,MAN IAIN JEMBER,1,Mas Bowo,2,MASJID NURUL HUDA RANDUAGUNG,1,MENTAN,1,MENTERI DESA,1,MENTERI PERTANIAN,1,MI,1,MI MUHAMMADIYAH BUWEK,1,MI MUHAMMADIYAH LEDOK TEMPURO,1,MI NURUL ISLAM GEDANGMAS,1,MIDNIGHT IN FIFTEEN,1,MISTERI,2,MONUMEN MERDEKA ATAU MATI,1,MOTIVASI,2,Muhammad Abdullah,2,MUHAMMAD NUR HAYID,1,MUHAMMADIYAH,2,MUI,1,MUSEUM LUMAJANG,1,MUSIK,6,MWC NU,6,MWC NU LUMAJANG,1,MWC NU RANDUAGUNG,6,NAHDLOTUL ULAMA,2,NASIONAL,17,NETIZEN,7,OLAH RAGA,14,OPD RANDUAGUNG,2,ORGANISASI,1,OSIS,2,P3MD,1,PAC ANSOR RANDUAGUNG,2,PAC GP ANSOR RANDUAGUNG,4,PAGAR NUSA,1,PAHLAWAN PEMBANGUNAN DESA,1,Pamsimas,1,PARIWISATA,1,PASIRIAN,1,PASKIBRA,4,PATIH NAMBI,1,PAUD,3,PAUD Al-AZHAR,1,PAW,2,PAWAI OBOR,1,pawai taaruf,1,PBB,3,PCNU,4,PCNU Lumajang,8,PEJARAKAN,3,PELAYANAN,3,PEMBAKARAN,1,PEMERINTAHAN,19,PEMILU,1,PENDAMPING DESA,18,PENDIDIKAN,15,PENGETAHUAN,3,PERESMIAN BPD,1,PERTANIAN,2,PESANTREN,1,PGRI RANDUAGUNG,1,PHBI,1,PIALA DUNIA 2018,3,PILBUP,4,PILEG,1,PILGUB,2,PILKADA,5,PILKADA LUMAJANG,8,PILKADES,3,PKM RANDUAGUNG,5,PKPNU,1,POKDARWIS,1,POKTAN SARI MULYO SALAK,1,POLITIK,14,POLSEK RANDUAGUNG,3,PONPES BAROKATUL QODIRI,1,PONPES NURUL JADID,1,PPDI LUMAJANG,1,PPK RANDUAGUNG,1,PPPA DARUL QUR'AN,1,PRAMUKA,1,PROFIL,6,PROGRAM BEKERJA,1,PRONOJIWO,2,PSHT,1,PT QNet,1,PUSKESMAS RANDUAGUNG,3,QUOTES,2,QURBAN,1,RA,1,RAIL CLINIC,1,RAM,1,RAMADHAN,4,RANDUAGUNG,35,RANDUAGUNG COMMUNITY,12,RANULOGONG,7,RANUWURUNG,5,RANUYOSO,1,Relawan,1,RELIGI,2,RITUAL,1,RMI,1,RTLH,1,S.STP,1,Sahabat Desa Nusantara,1,SAID AQIL SIRADJ,1,SALAK,5,Satgas Kamdes,2,SD ISLAM AL MUHAJIR,3,SDN,1,SDN BANYUPUTIH LOR 02,1,SDN PEJARAKAN 01,1,SDN RANDUAGUNG 01,1,SEJARAH,15,Sekolah Desa,1,SENI,3,SEPAK BOLA,1,Sertifikasi,1,SH,1,SIDOMULYO,1,SILTAP PERANGKAT DESA,2,SIPEDE,1,SISKEUDES,2,SITUS BITING,1,SMA AL MAISAROH,2,SMAN 1 LUMAJANG,1,SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG,1,SMKN 2 LUMAJANG,1,SMP,1,SMPI RAUDLOTUL ULUM,1,SOSIAL,22,SOSIALISASI,1,SPBU,1,STASIUN,2,STATISTIK,1,STRA,1,STUDY BUDAYA,1,STUNTING,3,SUYUD SUGIARTO,1,Tabur Bunga,1,TAHFIDZ,2,TAHUN BARU ISLAM,3,TANAH KAS DESA,1,TANI,1,THORIQUL HAQ,7,TIPS,1,TK,4,TK PGRI RANDUAGUNG,2,TOKOH,2,TRIAD RANDUAGUNG,3,TUNJUNG,10,TUTORIAL,1,UMBUL,1,UMKM,1,UNWTO,1,VANESSA ANGEL,1,VIDEO,19,Wakil Bupati Lumajang,1,WISATA,10,
ltr
item
Nambi: Tentang Logo Dan Tema Resmi HUT RI Ke-73 Yang Wajib Kalian Ketahui
Tentang Logo Dan Tema Resmi HUT RI Ke-73 Yang Wajib Kalian Ketahui
Logo 73 tahun Kemerdekaan RI ini terinspirasi dari kata ‘Kerja’ yang berarti adanya pergerakan / aktif. Dan kata 'Energi' yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja, pancaran.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJFqZuigmkbqxRLI96oB0Kkt7vUy1erU-_niXdVIn2ViFWTCW4krZ2BKJv6WdbcBLZdA2au5uSBmhGuv2FeP3DWBjcKaOk8jfkZRLx5uW0Z2IuUYW-1V733wvrXDwzKrKjavO5iCs14js/s1600/00.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJFqZuigmkbqxRLI96oB0Kkt7vUy1erU-_niXdVIn2ViFWTCW4krZ2BKJv6WdbcBLZdA2au5uSBmhGuv2FeP3DWBjcKaOk8jfkZRLx5uW0Z2IuUYW-1V733wvrXDwzKrKjavO5iCs14js/s72-c/00.jpg
Nambi
https://kimnambi.blogspot.com/2018/07/tentang-logo-dan-tema-resmi-hut-ri-73-yang-wajib-kalian-ketahui.html
https://kimnambi.blogspot.com/
https://kimnambi.blogspot.com/
https://kimnambi.blogspot.com/2018/07/tentang-logo-dan-tema-resmi-hut-ri-73-yang-wajib-kalian-ketahui.html
true
9156721657861008427
UTF-8
Tampilkan Semua Artikel Not found any posts Selengkapnya Selengkapnya Reply Cancel reply Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Selengkapnya REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Not found any post match with your request Kembali Ke Halaman Awal Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Mingg Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy