-->
MENU MENU
Puskesmas Randuagung Deklarasikan Janji Perbaikan Layanan Kesehatan
BerandaBERITAKESEHATANPKM RANDUAGUNG

Puskesmas Randuagung Deklarasikan Janji Perbaikan Layanan Kesehatan

Salah satu upaya pemerintah daerah guna meningkatkan mutu pelayanan adalah dengan bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat untuk turut serta berpartisipasi..........

Cak Thoriq dan Bunda Indah Resmi Menjadi Warga Kelurahan Ditotrunan Kecamatan Lumajang
Cak Thoriq dan Bunda Indah Hadiri Peringatan HUT RI ke 73 di Masjid Nurul Iman Kalidilem


Upaya untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat dibidang kesehatan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Salahsatunya dengan digelarnya Sarasehan Kesehatan di Hall Galaxy Resto Lumajang yang ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Janji Pelayanan Publik oleh Puskesmas Randuagung dan Puskesmas Tempursari, Rabu (24/10/2018) pagi.

Peningkatan mutu pelayanan kesehatan saat ini menjadi sarat mutlak dalam dalam memberikan kepuasan pada masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan.

Hal ini mendorong Dinas Kesehatan berbenah dengan menggandeng Kelompok Masyarakat Peduli Kesehatan (KMPK) di beberapa kecamatan guna memberikan penilaian secara objektif terhadap kinerja pelayanan kesehatan dengan menerima pengaduan dari masyarkat.



Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si, Staf ahli administrasi Kab. Lumajang, Kelompok Masyarakat Peduli Kesehatan (KMPK) beserta Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lumajang.

Sebelum ditandatangani, Kepala Puskesmas Randuagung dr. Beryl Rachmawati membacakan Deklarasi Janji Perbaikan Pelayanan Publik di hadapan Wakil Bupati Lumajang. Janji tersebut didasarkan atas pengaduan masyarakat melalui Komunitas Masyarakat Peduli Kesehatan (KMPK).

Poin-poin yang dijanjikan untuk dilakukan perbaikan mutu layanan kesehatan mulai bulan November berdasarkan pengaduan masyarakat oleh puskesmas Randuagung diantaranya adalah:

  • Aduan: Antrian periksa lama diloket poli umum.
    • Solusi: Memepercepat pengiriman rekam medik dari loket ke poli umum dan mendisiplinkan petugas untuk selalu siap melakukan pemeriksaan ketika rekam medis sudah ada.
  • Aduan: Tidak ada pengeras suara untuk memanggil pasien di poli umum dan KIA.
    • Solusi: Mendisiplinkan petugas poli untuk menggunakan kembali pengeras suara yang sudah ada dan pengadaan pengeras suara.
  • Aduan : Tidak ada toilet di ruang tunggu.
    • Solusi: Akan menggunakan toilet di UGD untuk sementara waktu sambil menunggu persetujuan renovasi dari Dinas Kesehatan
  • Aduan: Lingkungan Puskesmas kurang asri.
    • Solusi: Akan mengadakan lomba kebersihan antar ruangan dan pembuatan taman di halaman Puskesmas
  • Aduan: Ruang laktasi kurang strategis.
    • Solusi: Melakukan sosialisasi petugas tetang lokasi ruang laktasi dan petunjuk arahnya serta penataan ulang ruang laktasi setelah mendapa persetujuan renovasi
  • Aduan: Petugas tidak memberikan informasi dan edukasi mengenai Inisiasi Menyusu Dini (IMD).
    • Solusi: Melakukan penggalangang komitmen pada semua petugas untuk melaksanakan IMD dan memberikan edukasi IMD pada pasien ibu hamil dan pasangan usia subur di Puskesmas, Polindes, Posyandu dan dikelas ibu.
  • Aduan: Petugas belum melaksanakan 10 T.
    • Solusi: Melakukan penggalangang komitmen pada semua petugas optimalisasi ANC di Puskesmas, Polindes dan Pustu dan memberikan edukasi pentingnya 10 T masyarakat.
  • Aduan: Petugas UGD kurang tanggap.
    • Solusi: Membuat dan menerapkan slogan 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun) dan secara terbuka mengundang partisipasi masyarakat untuk mengawasi dan melakukan pengaduan pada staf unit pengelola pengaduan masyarakat dan KMPK.



Setelah pembacaan deklarasi Janji Perbaikan Layanan Kesehatan, Kepala Puskesmas Randuagung mengucapkan terimaksaih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi aktif mengawasi dan memberikan masukan secara positif dalam upaya peningkatan layanan kesehatan.

Pelayanan masyarakat di Kabupaten Lumajang tergolong pada tingkatan yang buruk karena masih bearada pada angka 22,5 standart minimal pelayanan masyarakat sehingga masih diperlukan usaha, inovasi dan kerja keras memperbaikinya.

Menurut Ir. Hj. Indah Amperawati, M. Si selaku Wabub Lumajang menyampaikan bahwa Salah satu upaya pemerintah daerah guna meningkatkan mutu pelayanan adalah dengan bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat untuk turut serta berpartisipasi dan mengawasi melalui berbagai layanan pengaduan yang akan diintegrasi dengan program smart city dengan memanfaatkan Teknologi Informasi agar cepat mendapat tindak lanjut.




Penulis: Muhammad Fawaid Jazuli
Editor: Unus Senyawa
Foto: Tim Dok RC, Herman Tobi, Zacky


Name

ABDUL BASAR,3,ADVENTURE,1,AHMAD FARUQ CHOTIBI,1,AKREDITASI,1,AKTA,1,ANSOR,1,APEL AKBAR,1,APLIKASI,1,ARIES PURWANTINY,1,ARKEOLOGI,1,ASIAN GAMES,3,Astra Internasional,1,AYIMUN,1,BABINSA,1,BANJIR,1,BANSER,2,BANSOS,1,BANYUPUTIH LOR,1,BATIK,3,BATIK LUMAJANG,3,BBM,1,Bencana Alam,2,BERITA,122,BERSALIN GRATIS,1,BHAKTI SOSIAL,1,BID LUMAJANG,2,BIDAN DESA,1,BISNIS,2,BMTNU,4,BNI 46,1,BPBD Lumajang,3,BPD,2,BPD KALIDILEM,1,BPOM,1,BUDAYA,9,BUKA BERSAMA,1,BUMDES,6,BUPATI LUMAJANG,14,BUWEK,1,CAGAR BUDAYA,12,Camat Klakah,1,CAMAT RANDUAGUNG,5,CANDI AGUNG,11,CANDI RANDU AGUNG,1,CANGKRUAN BARENG FORKOPIMCA,1,CURAH MAYIT,1,DAERAH,4,DANA DESA,33,DANDIM,1,DESA,6,DESA KALIPENGGUNG,2,DESA SIAGA,1,DESA TUNJUNG,4,DESA TUNJUNG MENYELAMTAKAN GENERASI PEMUDA,1,DIKES,1,DINAS KEPENDUDKAN,1,DINAS KESEHATAN,6,DINAS KOPERASI,1,DINAS PERIKANAN,1,DINAS PERTANIAN,2,DINAS SOSIAL,3,Direktur PMD,1,DISPENDUK,1,DITJEN PPMD,1,DOA,1,DOKUMENTASI,10,DOWNLOAD,9,DPMD LUMAJANG,7,DPRD LUMAJANG,1,dr. BERYL RACHMAWATI,2,dr. Tanti Umiyati,1,DRUM BAND,1,DUSUN GROJOKAN,1,DUSUN KALIDILEM,1,E-KTP,1,EDITORIAL,3,EKONOMI,10,EKTP,1,FEATURE,24,FILM,1,FINAL LIGA DESA NUSANTARA,1,FKUB,1,FOTO,1,GAYA HIDUP,2,GEDANGMAS,6,GERAK JALAN,2,GOTONG ROYONG,1,GP ANSOR,11,GUSDURian,1,HAJI,2,HALAL BIHALAL,1,HARI BESAR NASIONAL,2,Hari Kebersihan Dunia,1,HARI KRIDA PERTANIAN,1,HARI RAYA,1,HARI SANTRI,3,HARJALU,1,HASAN BASRI,1,HAUL KH. ANAS MAHFUDZ,1,HIBURAN,5,HONOR GURU NGAJI,2,HUT,3,HUT BHAYANGKARA,1,HUT RI,14,HUT RI 73,19,HUT RI 74,5,HUT TNI,1,HUT TNI 73,1,IAIN JEMBER,1,IDUL ADHA,1,IGRA,1,INDAH AMPERAWATI,3,INDOMARET,1,INOVASI DESA,6,IPNU PPNU,1,IPTU. SETYO BUDI,2,ISLAMI,12,JALIN MATRA,1,JIMAT,1,JOB MARKET FAIR,1,JOKOWI,2,KABAR SEPEKAN,1,KABUPATEN LUMAJANG,8,KADES,4,KADES GEDANGMAS,1,KADES KALIDILEM,1,KALIDILEM,6,KALIPENGGUNG,10,Kapolres Lumajang,3,KAPOLSEK,2,KARANG ANYAR KALIDILEM,1,KARNAVAL,8,KBIH,1,KBIH Haromain,1,Kecamatan Klakah,1,KECAMATAN RANDUAGUNG,36,Kecamatan Senduro,1,KECELAKAAN,2,KELOMPOK TANI,2,KELUARGA BERENCANA,1,KEMENDES,8,KEMENKOMINFO,1,KERETA API,2,KESEHATAN,16,KEUTAMAAN SHOLAWAT,1,KIM,1,KIM NAMBI,1,KIMNAMBI,5,KISAH,1,KMPK,1,KOMINFO LUMAJANG,1,KOMUNITAS,9,KORAMIL 0821/07,5,KOTA PISANG,1,KPMD,1,KPST,6,KRIMINAL,1,KRTP,1,KUA RANDUAGUNG,1,Laila Fakhriyatuz Zakiyah,1,LAPANGAN RANDUAGUNG,1,LASKAR PATIH NAMBI,1,LAZIZNU,1,LEDOK TEMPURO,10,Lembaga NU,2,LIGA DESA NUSANTARA,7,LOEMAJANG DJADOEL,1,LOGO,2,Logo HUT RI,1,LOKAL,11,Lomba Kampung Kreatif,1,LOMBA PAI,1,LOMBA TUMPENG,1,LPNU,1,LPNU Lumajang,2,LUMAJANG,15,LUMAJANG RAMAH ANAK,1,M. Fachri,1,MADIN,2,MAJELIS MUHABBAH,1,MAN IAIN JEMBER,1,Mas Bowo,2,MASJID NURUL HUDA RANDUAGUNG,1,MENTAN,1,MENTERI DESA,1,MENTERI PERTANIAN,1,MI,1,MI MUHAMMADIYAH BUWEK,1,MI MUHAMMADIYAH LEDOK TEMPURO,1,MI NURUL ISLAM GEDANGMAS,1,MIDNIGHT IN FIFTEEN,1,MISTERI,2,MONUMEN MERDEKA ATAU MATI,1,MOTIVASI,2,Muhammad Abdullah,2,MUHAMMAD NUR HAYID,1,MUHAMMADIYAH,2,MUI,1,MUSEUM LUMAJANG,1,MUSIK,6,MWC NU,6,MWC NU LUMAJANG,1,MWC NU RANDUAGUNG,6,NAHDLOTUL ULAMA,2,NASIONAL,17,NETIZEN,7,OLAH RAGA,14,OPD RANDUAGUNG,2,ORGANISASI,1,OSIS,2,P3MD,1,PAC ANSOR RANDUAGUNG,2,PAC GP ANSOR RANDUAGUNG,4,PAGAR NUSA,1,PAHLAWAN PEMBANGUNAN DESA,1,Pamsimas,1,PARIWISATA,1,PASIRIAN,1,PASKIBRA,4,PATIH NAMBI,1,PAUD,3,PAUD Al-AZHAR,1,PAW,2,PAWAI OBOR,1,pawai taaruf,1,PBB,3,PCNU,4,PCNU Lumajang,8,PEJARAKAN,3,PELAYANAN,3,PEMBAKARAN,1,PEMERINTAHAN,19,PEMILU,1,PENDAMPING DESA,18,PENDIDIKAN,15,PENGETAHUAN,3,PERESMIAN BPD,1,PERTANIAN,2,PESANTREN,1,PGRI RANDUAGUNG,1,PHBI,1,PIALA DUNIA 2018,3,PILBUP,4,PILEG,1,PILGUB,2,PILKADA,5,PILKADA LUMAJANG,8,PILKADES,3,PKM RANDUAGUNG,5,PKPNU,1,POKDARWIS,1,POKTAN SARI MULYO SALAK,1,POLITIK,14,POLSEK RANDUAGUNG,3,PONPES BAROKATUL QODIRI,1,PONPES NURUL JADID,1,PPDI LUMAJANG,1,PPK RANDUAGUNG,1,PPPA DARUL QUR'AN,1,PRAMUKA,1,PROFIL,6,PROGRAM BEKERJA,1,PRONOJIWO,2,PSHT,1,PT QNet,1,PUSKESMAS RANDUAGUNG,3,QUOTES,2,QURBAN,1,RA,1,RAIL CLINIC,1,RAM,1,RAMADHAN,4,RANDUAGUNG,35,RANDUAGUNG COMMUNITY,12,RANULOGONG,7,RANUWURUNG,5,RANUYOSO,1,Relawan,1,RELIGI,2,RITUAL,1,RMI,1,RTLH,1,S.STP,1,Sahabat Desa Nusantara,1,SAID AQIL SIRADJ,1,SALAK,5,Satgas Kamdes,2,SD ISLAM AL MUHAJIR,3,SDN,1,SDN BANYUPUTIH LOR 02,1,SDN PEJARAKAN 01,1,SDN RANDUAGUNG 01,1,SEJARAH,15,Sekolah Desa,1,SENI,3,SEPAK BOLA,1,Sertifikasi,1,SH,1,SIDOMULYO,1,SILTAP PERANGKAT DESA,2,SIPEDE,1,SISKEUDES,2,SITUS BITING,1,SMA AL MAISAROH,2,SMAN 1 LUMAJANG,1,SMK MUHAMMADIYAH LUMAJANG,1,SMKN 2 LUMAJANG,1,SMP,1,SMPI RAUDLOTUL ULUM,1,SOSIAL,22,SOSIALISASI,1,SPBU,1,STASIUN,2,STATISTIK,1,STRA,1,STUDY BUDAYA,1,STUNTING,3,SUYUD SUGIARTO,1,Tabur Bunga,1,TAHFIDZ,2,TAHUN BARU ISLAM,3,TANAH KAS DESA,1,TANI,1,THORIQUL HAQ,7,TIPS,1,TK,4,TK PGRI RANDUAGUNG,2,TOKOH,2,TRIAD RANDUAGUNG,3,TUNJUNG,10,TUTORIAL,1,UMBUL,1,UMKM,1,UNWTO,1,VANESSA ANGEL,1,VIDEO,19,Wakil Bupati Lumajang,1,WISATA,10,
ltr
item
Nambi: Puskesmas Randuagung Deklarasikan Janji Perbaikan Layanan Kesehatan
Puskesmas Randuagung Deklarasikan Janji Perbaikan Layanan Kesehatan
Salah satu upaya pemerintah daerah guna meningkatkan mutu pelayanan adalah dengan bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat untuk turut serta berpartisipasi..........
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFcWj6PTwLhucH2zuocxJfOAqLQo9ZxYB6mcfJt-L5wqMAtkiKgjLzpabtBQv8BwVMGG82nhmh6-IpHJvd1Q3uZTysr55K17wwGnGWUwInEefahTxTu6XSBAm82iShrecOLc1xCnQPQIU/s1600/Puskesmas-Randuagung.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFcWj6PTwLhucH2zuocxJfOAqLQo9ZxYB6mcfJt-L5wqMAtkiKgjLzpabtBQv8BwVMGG82nhmh6-IpHJvd1Q3uZTysr55K17wwGnGWUwInEefahTxTu6XSBAm82iShrecOLc1xCnQPQIU/s72-c/Puskesmas-Randuagung.jpg
Nambi
https://kimnambi.blogspot.com/2018/10/puskesmas-randuagung-deklarasikan-janji.html
https://kimnambi.blogspot.com/
https://kimnambi.blogspot.com/
https://kimnambi.blogspot.com/2018/10/puskesmas-randuagung-deklarasikan-janji.html
true
9156721657861008427
UTF-8
Tampilkan Semua Artikel Not found any posts Selengkapnya Selengkapnya Reply Cancel reply Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Selengkapnya REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Not found any post match with your request Kembali Ke Halaman Awal Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Mingg Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy